Adobe Illustrator vs Corel DRAW, Mana Lebih Baik?


Jika Anda seorang desainer grafis, tentu dua program aplikasi ini akan selalu menjadi andalan Anda untuk membuat project berbasis vektor. Aplikasi keluaran Adobe dan Corel ini memang sangat populer di kalangan para desainer grafis. Selain tampilannya yang dianggap paling perfect, fitur-fitur yang dimiliki oleh Adobe Illustrator dan Corel DRAW juga terbilang lengkap. Hal ini menjadi nilai plus tersendiri sehingga para desainer grafis lebih memilih menggunakan kedua aplikasi ini untuk mendesain grafis.

Namun, di kesempatan kali ini, Ardiles Creative akan mengulas mengenai perbedaan Adobe Illustrator dan Corel DRAW serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dilihat dari popularitas, Adobe Illustrator banyak digunakan oleh para desainer grafis di luar negeri sedangkan untuk dalam negeri, Corel DRAW masih menjadi andalan mayoritas pengguna aplikasi desain. Barangkali Anda akan kesulitan menemukan tempat percetakan yang menggunakan Adobe Illustrator di Indonesia.

Corel DRAW juga memiliki kelebihan lain, yakni handal dalam pengerjaan desain yang membutuhkan kepresisian. Selain itu, Corel DRAW relatif lebih user friendly (tampilannya mudah dipelajari bagi pemula) daripada Adobe Illustrator.

Namun, selain memiliki kelebihan, kekurangan juga dimiliki oleh DRAW. Kelemahan itu antara lain kurang begitu handal untuk memproses dokumen besar (seperti banyak gradasi, shadow, efek-efek, dll), ada perbedaan warna yang sangat mencolok antara warna monitor dengan warna hasil cetak, serta fitur-fitur yang dimiliki tidak lebih banyak daripada Adobe Illustrator.

Di sisi lain, Adobe Illustrator memiliki fitur-fitur yang terbilang lengkap dan lebih banyak daripada Corel DRAW. Namun sebagai konsekuensinya, tampilan Adobe Illustrator terbilang kompleks sehingga kurang begiru user friendly. Selain itu, Adobe Illustrator terbilang tangguh dalam mengolah dokumen, baik kecil maupun besar sekalipun. Banyak efekpun tidak begitu bermasalah. Hasil cetak pun tidak terlalu berbeda bila dibandingkan dengan tampilan monitor. Banyak fitur-fitur dari produk Adobe lain, seperti Photoshop, yang bisa digunakan di Illustrator. Hal ini sangat memperkaya kreasi desain yang kita buat. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terkadang kita kesulitan menemukan percetakan di Indonesia yang menggunakan Adobe Illustrator sehingga hal tersebut menghambat proses produksi lokal. Adobe Illustrator sangat cocok digunakan bila desain yang Anda buat cukup kompleks dan memiliki pemasaran di dunia internasional.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Dari segi pewarnaan adobe illustrator jauh lebih baik gan..

    bagi agan yang berminat belajar design grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

    BalasHapus
  2. lebih suka Ai :) lbih elegan dlm segi warna, tampilan menurutku friendly bgt kok :)

    BalasHapus
  3. gampangan adobe illustrator gan.....

    BalasHapus