Cara Menginstal dan Uninstal Jenis Font di Komputer Kamu


Menginstal font yang kamu inginkan dan menguninstal font yang tidak kamu inginkan akan kita bahas di sini. Untuk seorang pecinta desain, instal dan uninstal font akan menjadi hal yang penting karena menyangkut banyaknya jenis font yang dapat dipakai di komputernya. Font yang kamu inginkan untuk kamu gunakan harus diinstal terlebih dahulu.

Cara Menambah/Menginstal Font
Cara menginstal font baru terbilang sangatlah mudah. Yang harus kalian lakukan adalah tinggal mengklik perintah instal pada file font yang kamu miliki. Dari mana file font kita peroleh? Saat ini ada banyak sekali situs-situs di internet seperti dafont.com. Kita tinggal memilih font yang kita inginkan untuk kita pakai dan mendownloadnya.

File font berekstensi TrueType File (.ttf). File font yang telah kamu download dan miliki tinggal kamu klik ganda di file font tersebut, kemudian klik Install. Setelah file selesai diinstal, kita dapat mulai menggunakannya untuk berbagai aktivitas, seperti desain, menulis teks, dan masih banyak lagi.


Banyak font yang kita miliki memang akan memperkaya pilihan jenis huruf yang akan kita pakai, tapi font yang banyak itu juga membawa pengaruh yang negatif. Salah satunya adalah melambatnya performa komputer kamu karena terlalu banyak font yang kamu instal. Font-font yang sangat banyak tersebut memakan memori yang cukup besar sehingga berpengaruh langsung pada performa komputer. Komputer dengan sangat banyak font terinstal akan berjalan lebih lambat daripada komputer dengan jumlah font terinstal sedikit. Selain itu, terkadang banyaknya font yang kita miliki tidak seimbang dengan sedikitnya font yang kita gunakan. Banyak yang "mubazir" jarang terpakai atau tak pernah terpakai sekalipun. 

Untuk mengatasi hal tersebut, uninstal font yang terinstal menjadi solusinya. Langkah-langkah uninstal font dari komputer kamu adalah sebagai berikut.
1. Pergi ke Control Panel
2. Klik Appearance and Personalization
3. Sekarang pilih menu Fonts. Maka semua font yang terinstal di komputer kamu akan muncul.
4. Tinggal pilih jenis font yang ingin kamu uninstal/delete.
5. Kemudian Klik Kanan > Delete

Itulah cara menginstal dan menghapus atau menguninstal font dari komputer atau laptop kamu. Dengan font apa yang kita kerjakan dapat melakukan berbagai kreasi dalam pekerjaan yang kita lakukan, seperti mendesain gambar yang akan kita sematkan di blog kita dan masih banyak lagi.

Posting Komentar

0 Komentar